10 Pertanyaan Bule yang susah Dijawab

Suatu hari, gue membaca sebuah blog milik seorang teman wanita yang menikah dengan orang Prancis kalau nggak salah.

Mereka kemudian tinggal di New York untuk beberapa tahun.

Suatu hari, si suami nguping pembicaraan istrinya yg lagi ngobrol dengan temen Indonesianya lewat telfon.

Usai nelfon, si Istri ditanya oleh suaminya yang bule

“What is the meaning of ‘Siih’, ‘Lhooo’, ‘Waaah’ and ‘Dooong’ ?”

Si Istri ketawa dan menjawab “Itu semua nggak ada artinya”

“Lalu kenapa dipake kalau ga ada artinya?”

Istrinya menjawab balik, “Itu penekanan ajaa”

“Ooohh…” lanjut si bule.. kemudian dia tiba tiba berkata

“I love you… dong?”

HAHAHAHAHAHAHAHHAHAHA

….

Kadang kadang, ada beberapa hal yang susah untuk dijelaskan kepada bule.

Ada pertanyaan dari mereka yang entah kenapa susah untuk kita jawab.

Contoh, berikut adalah beberapa pertanyaan dari bule yang ga bisa gue jawab

“Why do Indonesians eat ‘Torpedo’ ??”

“What is Kualat?”

NAAAAAAAAAAAAAH

Kemarin malam gue nanya sama pendengar gue (Hardockers) ketika siaran di Provocative Proactive (Kamis malam jam 20.00)


Dan berhasil mengumpulkan TOP TEN PERTANYAAN DARI BULE YANG SUSAH DIJAWAB.

10. “Why is everybody in a hurry??”

Ditanya seorang bule ketika dia liat mobil mobil pada nyalip lewat bahu jalan tol

9. “Why do you still live with ur parents?”

Ditanya seorang bule kepada seorang wanita 25 tahun. Nampaknya si bule membandingkan dengan tempat tinggalnya di Amerika

8. “Can you teach me how to say R?”

Maksudnya R-nya Indonesia. Hehehehe

7. “Why do you call me BULE?”

6. “What is Ojek in english?”

5. “Is this Kampong?”

Ditanya oleh bule yang terkejut dibawa lewat jalan tikus

4. “Why are we not moving”

Ditanya sama bule yang lagi naik angkot. Yang ditanya mau jawab ngetem tapi ga tau bahasa inggrisnya ngetem apa…

3. “Why would anyone in the world would give its son’s name booty man(budiman)?”

2.”What’s the difference between ‘Ya iyalaah’ and ‘Ya iya dooong?”

1. “What are you eating?”

Masalahnya yang ditanya lagi makan otak otak… bingung deh dia jawabnya.. masak dijawab BRAIN BRAIN?

Gimana, ada yang bisa Menjawabnya?

 

sumber : email

Advertisements

Mari Kurangi Makan Daging

KOMPAS.com-Masyarakat semestinya mulai mengurangi konsumsi daging karena makanan ini bisa merusak lingkungan dan kesehatan. Menu nabati lah yang seharusnya makin banyak disantap. Hal itu dikatakan Murdijati Gardjito, profesor di Fakultas Teknologi Pertanian UGM.

“Tren sekarang, terutama di luar negeri, dan mulai tumbuh di Indonesia, adalah menuju vegetarian. Itu adalah tren yang sangat bagus,” ujar pakar pangan tradisional yang mengaku tidak vegetarian tapi sudah banyak mengurangi konsumsi daging itu.

Menurut dia, daging yang terhidang di piring adalah sesuatu yang prosesnya boros energi, merusak lingkungan, tidak efektif, dan menjadi pemicu beragam penyakit. “Untuk setiap 1 kg daging sapi, butuh 6,5 kg jagung dan dedaunan.Sedangkan untuk menghasilkan 1 kg daging kambing, butuh 4,5 kg. Ini boros. Termasuk boros air, karena hewan kan butuh banyak air. Sementara di satus sisi, pada belahan bumi ini yang lain, ada banyak kasus kelaparan. Yang kita berikan sebagai pakan ternak, jika kita berikan ke mereka yang kelaparan, saya yakin tak ada ancaman kelaparan,” ujar Murdijati.

Proses penggemukan hewan ternak, lanjut dia, juga dilakukan dengan obat-obatan kimia. Hal ini jelas tidak sehat. “Industri daging juga berkontribusi pada terjadinya pemanasan global. Artinya adalah pola makan kita harus cepat diubah. Kurangi banyak konsumsi daging, dan perbanyak menu nabati,” katanya.

Secara terpisah, Prasasto Satwiko, profesor pada Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta, vegetarian, yang juga Koordinator Pusat Studi Energi UAJY mengatakan, memang sulit mengubah benak masyarakat yang telanjur “daging minded”, dan menempatkan daging sebagai makanan bergengsi. Sisi defensif orang pun akan langsung “menyala” jika disodori fakta tentang dampak daging.

“Intinya, daging itu tak perlu dikonsumsi (karena tubuh tak membutuhkan). Manusia bisa hidup sehat hanya dengan makan sayur dan buah (tumbuhan),” ujar Prasasto.

Ia sendiri pernah melontarkan kritik pada ahli pangan dan gizi. Mereka, menurut Prasasto, mestinya juga memaparkan dampak bahaya daging sebagai sebuah fakta. “Saat menjumpai makanan dari olahan daging, manusia lupa. Lupa darimana asal daging, lupa bahwa hewan ternak itu digemukkan dengan zat kimia, lupa bahwa daging itu sumber penyakit, lupa bahwa sudah banyak orang sakit akibat kebanyakan daging plus jerohan. Tapi coba lihat sekarang, industri menggiring orang sejak anak-anak untuk banyak menyantap daging,” ujar Prasasto.

Bungkus luar

Jessica Chandra adalah anggota baru di sanggar tari. Wanita mungil itu
selalu terlihat lincah dan riang. Gayanya luwes. Senyumnya ramah. Tidak banyak
yang mengetahui usianya sudah berkepala tiga. Sepintas gayanya lebih
mirip mahasiswi daripada seorang Ibu beranak satu.

Minggu lalu Jessica terlambat. Dia tidak ingin kejadian itu terulang lagi.
Setelah sepeda motor bututnya diparkirkan, dengan langkah tergesa-gesa
Jessica langsung menuju meja resepsionis. Masih seperti biasa,
senyum lebar selalu menyungging di bibirnya. Lalu dia menyodorkan kartu
keanggotaan untuk  diabsensi.

Jessica baru menyadari air botol minum di kantong samping ranselnya kosong.
Ternyata dia lupa mengisi ulang botol minumnya karena tergesa-gesa.
Jessica mengedarkan pandangan ke seluruh penjuru ruangan. Mencari air
dispenser. Dalam benaknya, disanggar tari sebesar itu pasti ada air
dispenser yang disediakan untuk para member.

Dengan rasa sungkan dan ragu, Jessica bertanya kepada resepsionis apakah
ia boleh meminta botol air minumnya diisi kembali.
“Oh, boleh” jawab resepsionis.
Dipanggillah seorang pelayan dapur

“Maaf, mbak. Saya lupa mengisi air minum, boleh tolong diisikan ?” tanyaJessica

Jessica lalu memberikan botol minum berukuran 500 cc itu kepada pelayandapur. Pelayan dapur agak ragu menerima botol minum tersebut.
Dengan gelisah ia masih berdiri di sana, seakan-akan menunggu persetujuan
dari seseorang. Jessica sedikit heran. Keengganan itu terlihat begitu jelas.

Kemudian datanglah seorang wanita paruh baya. Entah siapa dia, tapi Jessica
sering melihatnya di kafe lantai bawah.. Mungkin pemilik sanggar tebaknya.

Jessica merasa tidak enak dengan tatapan tajam dari mata wanita itu.
Pelayan dapur agak gugup menjelaskan maksudku kepada wanita tersebut..
“Mbak ini minta air minum,” kata pelayan kepada wanita tua.

Wanita tua dengan sorot tidak bersahabat berkata :
“Kenapa tidak beli saja air mineral, dek ? Kami ada menjualnya di sini.”

Jessica menangkap pesan penolakan. Dia tau wanita itu enggan mengisikan air
minumnya..

“Oh, gak boleh ya. Kalo gitu gak papa kok.”

Senyum Jessica sedikit agak dipaksa. Dia mengambil kembali botol minumnya
dari tangan pelayan dapur dan segera bergegas melangkah ke lantai dua.
Meski sedikit kecewa, Jessica menghibur diri bahwa dia tidak akan mati
dehidrasi saat latihan.

Sementara di lantai bawah, masih terdengar debat kecil antara wanita tua
itu dengan resepsionis. Jessica tidak lagi memperdulikan. Dia hanya ingin
latihan hari itu segera usai.

***
Hari berikutnya, Jessica masih rutin mengikuti latihan seperti biasanya.
Meski ada rasa tidak enak, Jessica tetap santun menundukkan kepalanya
sambil tersenyum kepada wanita tua itu ketika menyapanya.. Jessica sama
sekali tidak pernah menceritakan kejadian itu pada siapapun. Yang pasti
sejak itu, Jessica sangat memperhatikan botol air minumnya..

***
Suatu sore, Jessica tidak mengendarai sepeda motor bututnya..
Suaminya berjanji akan menjemputnya. Hujan mengguyur deras sekali.
Usai latihan, Jessica segera turun. Dia melihat hidangan mie goreng dan nasi
goreng di meja. Malam itu adalah perayaan tahun pertama berdirinya sanggar tari.

Wanita tua itu terlihat sibuk melayani para member lainnya.
Mengajak mereka makan. Banyak yang menolak halus, mungkin takut gemuk,mungkin juga ingin segera pulang. Jessica pun menolak halus ketika
ditawarkan. Makan terburu-buru bukan kebiasaannya. Lagipula, dia tidak ingin
suaminya menunggu lama.

Jessica mengecek HPnya.
Ternyata sms dari suaminya mengabari terlambat menjemput.
Jessica masih berdiri di luar dan menunggu di sana.
Tiba-tiba wanita tua itu telah di sampingnya..
“Kamu lagi menunggu seseorang ?”
“Iya. Suamiku”
“Suami ? Saya pikir kamu masih mahasiswi.”
Jessica tertawa. “Aku sudah 35 tahun..”
“Menikah muda ya ?”
“28”.

Jessica tidak tau pasti apakah umur segitu termasuk menikah muda.

“Bukankah kamu yang biasanya mengendarai sepeda motor ?” tanya lagi
wanita itu..

Tentu saja mudah dikenali. Karena Jessica satu-satunya wanita yang
mengendarai sepeda motor ke sanggar. Kebanyakan member yang lain
mengendarai mobil, sebagian lagi didrop oleh supir.

“Iya. Hari ini dijemput suami, jadi aku gak bawa motor.”

“Oh, itu dia jemputanku” Jessica menunjuk pada sebuah mobil Mercedes
hitam mengkilap seri terbaru yang berhenti pas di tempatnya. menunggu.

“Bukankah Itu mobil Bapak Ardiansyah ?” tanya wanita tua penuh rasa
penasaran.
“Yah, Ardiansyah adalah suamiku.”

Wanita itu terkejut. Tatapannya masih tidak percaya ketika melihatJessica melambaikan tangan dan menembus hujan masuk ke dalam mobil.
Mobil itu telah lama berlalu, tapi wanita tua masih berdiri sana, melongo.

Ketika memori membawanya kembali pada kejadian air minum itu,rasa malu menghantam keras hatinya. Tiba-tiba dunia terasa gelap.

Ardiansyah !
Dia adalah sponsor utama yang selalu mendukung kegiatan sanggar tarinya.
“Oh, tidak …”

***
Sahabat, Kita sering menganggap diri kita adalah orang baik. Tapi ketika
kita dihadapkan pada bungkus luar dari apa yang mereka pakai,
dari kendaraan yang digunakan, begitu gampangnya sikap hati kita berubah.

Bila ‘bungkus luar’ itu bagus, kita cenderung ‘mengangkat tinggi-tinggi’
orang tersebut. Sebaliknya bila ‘bungkus luar’ jelek, kita lalu menjengkalnya,
menyepelekan mereka. Senyum kita jadi palsu. Kebaikan hati kita tjadi
basa-basi.

Hendaknya di dalam pelayanan, kita juga tidak memandang ‘bungkus luar’ dari
tiap-tiap orang..

 

Sumber : email

Akan Semakin Banyak Kota Vegetarian Dunia di Hari Kamis

Hari Kamis Tanpa Daging (Meatless Thursdays) di Belgia
(Taken and translated from VSS Newsletter by IVS)
 
Awal tahun ini, pemerintah kota Ghent, Belgia, mendeklarasikan Hari Kamis menjadi Hari Tanpa Daging. Untuk mendapatkan informasi lebih akurat tentang apa yang sebenarnya sedang terjadi di sana, berikut ini hasil wawancara kami dengan Tobias Leenaert dari organisasi Belgia EVA (Ethical Vegetarian Alternative) .
 
1. Dapatkah anda memberitahu kami sejarah bagaimana Hari Kamis Tanpa Daging bisa terjadi? Apa peran masyarakat vegetarian anda dalam hal ini?
 
EVA memulai kampanye “Thursday Veggie Day” di penghujung 2007. Tahun lalu, kami berhasil menyakinkan ketua Panel Perubahan Iklim PBB (Intergovernmental Panel on Climate Change), Dr. Rajendra K. Pachauri, untuk berkunjung ke Ghent dan memberikan ceramah tentang daging dan pemanasan global (http://www.evana. org/index. php?id=36895〈=en).
 
Tom Balthazar, ketua Komisi Lingkungan Hidup Dewan Kota, hadir di sana, dan setelah itu, ia menjadi semakin yakin akan pentingnya mengurangi konsumsi daging. Kami pun melakukan kontak dengan dua orang stafnya yang ternyata juga sangat antusias, dan mereka mengusulkan mereka menangyakan kepada Balthazar apakah ia akan bersedia untuk memproklamirkan secara resmi Hari Kamis sebagai hari vegetarian di Ghent. Ternyata, tanpa perlu meyakinkannya, ia menyatakan mendukung, dan ia pun berhasil mengumpulkan dukungan kolega-koleganya di Dewan Eksekutif Kota.
 
2. Bagaimana pemerintah kota mendukung Hari Kamis Tanpa Daging? Apakah ini bukan sekadar basa-basi?
 
Pemerintah Kota medukung kampanye ini dengan beberapa cara. Kami memperoleh dukungan dana. Beberapa pejabat pemerintah kota menghabiskan waktu berhari-hari untuk kampanye tersebut. Kami merancang dan membagikan materi-materi kampanye bersama. Kami mengorganisir acara peluncuran bersama. Dan mulai Oktober 2009, sekolah-sekolah yang didanai pemerintah kota akan memberlakukan makan vegetarian di Hari Kamis. Kebijakan terakhir ini diputuskan oleh ketua Komisi Lingkungan Hidup Dewan Kota. Jelas, ini bukan sekadar basa-basi.
 
3. Bagaimana reaksi publik? Dalam perkiraan anda, berapa persen masyarakat sekarang mengurangi konsumsi daging mereka?
 
Kami belum melakukan penelitian. Kami merencanakannya Oktober ini. namun, sejauh ini kami telah mendengar tanggapan-tanggapan positif, dan banyak orang menyatakan mereka berpartisipasi.
 
4. Apakah kota-kota Belgia lain juga mempertimbangkan mengikuti langkah Ghent?
 
Kota Hasselt telah mendeklarasikan akan mulai Oktober ini. Juga ada kota-kota lain yang menyatakan minat mereka. Kami akan berjuang untuk kota-kota lebih besar lagi seperti Antwerp dan Brussels. Secara internasional, Sao Paulo, Brazil, juga telah yakin, dan sekarang usaha yang sama juga sedang dilakukan di di Perancis, Inggris, Austria, Israel, dll.
 
NB:
1. Kota Indonesia manakah yang akan menjadi Kota Vegetarian pertama
    di negeri ini…?
2. Bagaimana suasana sebuah kota vegetarian meski hanya satu hari?
    Kebetulan salah peserta The 4th Asian Vegetarian Congress adalah
    warganegara Belgia. Kita minta ia share ya….
 
Sumber : email

10 Alasan untuk Menghindari Susu dan Produk yang Menggunakan Bahan Susu

allergies310806_228x239     

1.    Susu tidak bisa mempertahankan tulang kita tetap sehat, tidak bisa menghindari keretakan tulang dan osteoporosis. Bahkan, sesuai dengan penelitian Nurse’s Health Study, produk susu justru meningkatkan resiko terjadinya keretakan tulang dan sama sekali tidak melindungi tulang kita. Tingkat penderita osteoporosis di Afrika dan Asia adalah paling rendah di duia karena mereka tidak mengkonsumsi produk susu dalam jumlah yang banyak.

    2.    Tidak seperti yang banyak dipercaya orang, ternyata susu bukanlah sumber utama kalsium. Bagaimanapun, pasteuriasi pada susu membunuh berbagai nutrisi yang diperlukan, termasuk kalsium. Selain itu, bayam, tahini, kale dan daun-daun hijau yang lain merupakan sumber kalsium terbaik di planet ini. (Itulah mengapa pada susu kalengan sering ditulis, ditambahkan (difortifikasi) dengan kalsium. Dari manakah mereka menambah unsur kalsium itu? Dari tumbuhan juga bukan? Kenapa tidak langsung saja makan tumbuhan???? )

    3.       Susu meningkatkan terjadinya jerawat hingga 44%, seperti dilaporkan oleh American Journal of Dermatology.

    4.       Susu meningkatkan resiko terjadinya kanker. Seperti juga pada daging, penelitian menyatakan bahwa makin tinggi masukan produk susu akan membuat peningkatan resiko terjadinya kanker prostat pada pria hingga 30 sampai 50%. Selain itu, peningkatan insulin tubuh faktor-1 (IGF-1) yang merupakan parameter adanya kanker meningkat jika mereka minum susu.

    5.       Sekitar 75% populasi dunia tidak tahan pada lactose, artinya mereka tidak dapat mencerna produksi susu dengan baik. Lactase adalah enzyme yang diperlukan untuk mencerna lactose, dan sebagian besar orang berhenti memproduksinya pada usia 5 tahun.

    6.       Produk susu penuh dengan minyak jenuh sehingga meningkatkan terjadinya penyakit jantung. Seperti juga kanker, tingkat penyakit jantung di negara-negara seperti Jepang adalah sangat rendah, dan berdasarkan penelitian yang dilakukan di New Zealand company A2 menunjukkan bahwa kemungkinan besar itu terjadi karena mereka tidak mengkonsumsi protein yang didapat pada susu.

    7.       Berbagai laporan menunjukkan bahwa orang dengan berbagai tingkat kesehatan mengalami peningkatan kesehatan yang sangat berarti setelah mereka menghindari produk susu.  Banyak sekali masalah kesehatan yang terjadi akibat produk susu, misalnya sindrom usus besar, alergi, masalah sinus hingga infeksi telinga.

    8.    Protein hewan cenderung merangsang pertumbuhan sel-sel, pertumbuhan tubuh sehingga merangsang tumbuhnya sel-sel kanker. Menurut dr. T. Colin Campbell, Ph.D, guru besar emeritus biokimia nutrisi di Cornell University, Amerika Serikat, mengatakan bahwa protein hewani menyebabkan banyak masalah. Saat protein hewani, yang berasal baik dari susu maupun daging, tidak tercerna secara total menjadi asam amino maka terbentuklah sebuah rantai asam amino kecil yang belum tercerna yang disebut dengan peptida. Peptida ini terserap ke dalam darah dan bertindak serupa dengan protein asing sehingga tubuh kita membentuk antibodi yang amat khusus untuk melawan peptida . Antibodi itu lalu berkeliling dan menemukan rantai antibodi yang serupa di dalam sel-sel pankreas yang bertugas memproduksi insulin. Antibodi lalu menghancurkan susunan antiamino atau rantai antibodi tersebut dan itulah yang mengakibatkan terjadinya diabetes tipe 1.

    9.    haid pada usia sangat dini, pendarahan banyak pada saat mensturasi, tiroid, penurun kemampuan seks, penambahan berat badan, depresi. Itu terjadi karena berlebihnya hormon estrogen yang didapat karena mengkonsumsi susu.( Health and Wellness Naturally Ezine)  

    10. menghancurkan planet Bumi, karena mendukung terjadinya emisi gas rumah kaca dalam jumlah yang sangat besar akibat adanya peternakan.

 

    Be Vegan Go Green Save The Planet

 

Sumber : Email

Lemon untuk Batuk

1340368p

Di masa pancaroba seperti ini, penyakit seperti flu dan batuk biasanya mulai menyerang kita yang daya tahan tubuhnya sedang lemah. Bila terus-menerus minum obat batuk, rasanya kok bosan juga ya. Bagaimana bila kita minum air jeruk lemon seperti yang dilakukan banyak orang, adakah aturannya? Continue reading

The 4th Asia Vegetarian Congress In Batam

Pada tanggal 6-10 November 2009, akan diadakan Kongres Vegetarian se Asia yang ke empat, dan kali ini Indonesia kembali menjadi Tuan rumah, yaitu di Novotel Batam. dengan tema Vegetarian : Healthy and Eco Friendly For all ini akan menghadirkan Lebih dari 35 pembicara terkenal dari seluruh dunia, mereka diantaranya adalah Dr. Rajendra K. Pachauri, Chairman of the UN’s Intergovernmental Panel on Climate Change dan 2007 Nobel Peace Prize Winner dan pakar dan ahli gizi dan vegetarian lainnya.

Promosi juga akan dilakukan melalui bioskop-bioskop di Batam dan TV nasional dalam minggu ini. Jika anda dapat membantu mempromosikan, silahkan hubungi panitia penyelenggara.
jadi ingat sewaktu mengikuti kongress VG se asia waktu dijakarta waktu itu, dimana gw ikut mengisi acara yaitu drama tentang global warming di PRJ. disana juga kita bisa mendapatkan banyak informasi mengenai gizi vegetarian juga, makanan2 VG yang enak2 tentunya.slurrppp….^^ pokoknya VG is the best lah.
nah, bagi teman2 yang penasaran tentang gizi VG, yang ada dibatam ataupun yang ingin ikut ke batam, segera daftarin diri ya, bisa kunjungi  www.avc2009. org atau hubungi +62 856 652 8802 (Heny).
Promosi juga akan dilakukan melalui bioskop-bioskop di Batam dan TV nasional dalam minggu ini. Jika anda dapat membantu mempromosikan, silahkan hubungi panitia penyelenggara. dan juga ad video singkat di Youtube dalam versi Indonesia dan English version 
atau bisa baca info selengkapnya di sini
Go Veggie..Go Healthy..let us save the world…^^